Thursday, June 18, 2009

Satu Ton Kokain di Kepala Ikan



MEXICO CITY - Para bandar narkoba di Meksiko tak kehabisan kreativitas dalam menyelundupkan barang haramnya. Kali ini, mereka menggunakan ikan hiu beku. Namun, akal licik itu ketahuan Angkatan Laut Meksiko. Lebih dari satu ton kokain yang diselundupkan di dalam kerongkongan ikan buas tersebut disita.


Dengan mengenakan masker, sejumlah anggota militer memotong lebih dari 20 moncong ikan hiu yang diisi dengan lempengan berisi kokain. Langkah itu dilakukan sesudah memeriksa kontainer hiu di pelabuhan selatan Negara Bagian Yucatan.

Terkuaknya penyelundupan itu tak lepas dari bantuan anjing pelacak dan pemeriksaan mesin X-ray. ''Ada lebih dari satu ton kokain di dalam perahu,'' ujar Komandan AL Eduardo Villa, seperti dikutip Reuters.

Mafia narkoba di Meksiko memang harus memutar otak untuk memasukkan barang haram mereka ke Amerika Serikat. Segala jalan ditempuh, apalagi pemerintahan Filipe Calderon menabuh genderang perang terhadap mereka. Para penjahat narkotika itu pernah menggunakan media patung bernapas keagamaan, juga perabot rumah tangga untuk menyamarkan barang haram mereka.

Presiden Calderon telah mengerahkan 45.000 personel tentara dan anggota kepolisian federal untuk memerangi bisnis haram tersebut. Namun, kartel narkotika yang memiliki tentara dan persenjataan lengkap -seperti granat dan senjata otomatis- itu pantang surut.

Perang melawan bisnis narkoba telah menelan lebih dari 2.750 nyawa melayang. Itu baru angka tahun ini. Pada 2008, korbannya 6.300 tewas.

Dipimpin oleh buronan kelas wahid Meksiko, Joaquin ''Shorty'' Guzman, penyelundup dari Sinaloa melakukan perlawanan habis-habisan terhadap pemerintah. Guzman menguasai wilayah Meksiko dan Amerika Tengah.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar teman-teman buat blog belajar ini...

PageRank 100 Blog Indonesia Terbaik
Widget edited by kanigoropagelaran
top