Thursday, February 5, 2009

Rokok / Cerutu Merek Obama Laku Sekali

SAAT Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ingin berhenti merokok, perusahaan Granada Cigars di Nikaragua justru menjual cerutu bermerek "Obama 44". Penjualannya pun sudah mencapai 13.000 batang.


Langkah Granada itu merupakan bagian dari membanjirnya jutaan produk yang ingin memanfaatkan popularitas presiden kulit hitam pertama AS itu. Perusahaan yang terletak di wilayah utara Nikaragua itu menggunakan campuran daun tembakau lokal dan Kuba untuk meracik cerutu berbalut merek bertinta emas bertulis "Obama 44".

Makna merek tulisan cerutu gulungan tangan itu tentu merujuk pada Presiden AS ke-44. Cerutu spesial itu dibuat dalam berbagai bentuk, ukuran, dan campuran. Perusahaan itu mengaku, sebanyak 13.000 batang "Obama 44" telah dipesan di penjuru AS. "Distribusi cerutu ini meledak. Cerutu itu dijual karena ?Obamamania' dan kami ingin mengambil keuntungan dari itu," papar Miguel Ramirez Direktur Granada Cigars kemarin.

Keluarnya cerutu "Obama 44" itu bertolak belakang dengan upaya keras Obama menghentikan kebiasaannya merokok. Obama berjanji tidak merokok di Gedung Putih, tapi mengaku sulit berhenti merokok setelah terbiasa merokok selama dua dekade.

Beberapa perusahaan di AS sebenarnya telah mencetak merek cerutu dengan gambar wajah Obama tersenyum untuk merayakan kemenangannya. Namun, Ramirez yakin bahwa cerutu spesial buatan mereka akan tetap dilirik konsumen. Presiden Nikaragua Daniel Ortega merupakan pemimpin sayap kiri serta mantan pemimpin gerilyawan yang memerangi kelompok perlawanan yang didukung AS pada 1980-an.

Latar belakang itu membuat Ortega sering berkonflik dengan mantan Presiden AS George W Bush dari Partai Republik. Kendati demikian, Ortega berharap adanya hubungan baik dengan pemerintahan AS yang baru di bawah kepemimpinan Obama. Produk cerutu unik itu menambah ribuan produk yang menempelkan nama Obama, seperti komik, permen, saus pedas, bahkan mainan seks.

Berbagai produk itu laris manis di tengah kemeriahan kampanye Partai Demokrat dan inaugurasi Obama. Sejumlah produk yang bermerek Obama diperkirakan telah mencapai jutaan jenis,termasuk sabun mandi bermerek "Sabun Keberanian". Sabun itu diproduksi setelah Obama mengeluarkan buku "Audacity of Hope".

Perusahaan es krim Ben & Jerry juga mengeluarkan produk es krim "Yes we can!" yang merupakan kalimat kampanye Obama. Ada juga es krim dengan keterangan "dilapisi mentega dengan kacang nonpartisan." Gedung Putih tampaknya mulai terusik dengan banyaknya produk-produk yang menggunakan merek Obama.

Para pengacara Obama saat ini sedang mencari cara terbaik melindungi citra presiden akibat munculnya berbagai produk bernama presiden dan keluarganya

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar teman-teman buat blog belajar ini...

PageRank 100 Blog Indonesia Terbaik
Widget edited by kanigoropagelaran
top