Tuesday, February 24, 2009

Lukisan Tiga Dimensi




DUN LAOGHAIRE - Edgar Muller, 40, memang betul-betul ''seniman jalanan''. Bukan berarti dia hidup terlunta-lunta. Julukan itu layak disandang seniman asal Jerman itu karena kreativitasnya yang luar biasa saat melukis di aspal jalanan
.

Dengan briliannya, Muller menyulap jalanan yang di mana-mana selalu berwarna monoton hitam kelabu itu menjadi lukisan tiga dimensi (3D) yang mengagumkan di Irlandia kemarin (24/2). Untuk melukis aspal jalanan dengan bentuk 3D, Edgar membutuhkan waktu lima hari dengan kerja keras 12 jam per hari. Hasilnya sungguh luar biasa.

Jalanan utama yang membelah kota Dun Laoghaire, Irlandia, terlihat seperti meleleh. Pemerintah kota setempat memang sengaja menerapkan program car free day (hari bebas kendaraan) sepekan penuh demi mengajangi kreativitas Muller. Jalanan yang sehari-hari selalu ramai itu mulai kemarin berubah menjadi sungai lava panas dari gunung berapi. Bumi seperti terbelah di kota Dun Laoghaire. Bagian aspal yang dibiarkan utuh hanya yang ada kendaraan warga setempat dan lubang akses ke pipa ledeng bawah tanah. Pilihan itu justru membuat tampilan jalan lebih dramatis.

Di bagian lain jalan kota, Muller menyulap aspal hitam menjadi lubang es menganga seperti yang biasa terjadi di kutub. Orang yang berjalan di aspal itu terasa melayang-layang di kawah es yang sangat dalam. Pada awalnya beberapa warga merasa terganggu oleh pekerjaan Muller. Namun, sejenak kemudian mereka mengucapkan terima kasih kepada Muller karena membuat kotanya bertambah indah. ''Saya suka bermain dengan sisi positif dan negatif segala sesuatu. Itu untuk mendorong orang agar selalu berpikir dua kali dalam melihat sesuatu,'' ujar Muller menanggapi respons warga kota kepada Daily Mail.

Tentu saja semua karya indah Muller tidak dibuat dengan mudah. Muller menghabiskan ratusan liter cat tembok selama melukis. Dia juga melakukan survei detail dengan kamera lensa dari berbagai sudut di area ''kanvas'' seluas hampir setengah hektare. ''Sedihnya, semua upaya keras itu akan sirna dalam beberapa menit saja jika datang hujan,'' ungkapnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar teman-teman buat blog belajar ini...

PageRank 100 Blog Indonesia Terbaik
Widget edited by kanigoropagelaran
top