Tuesday, February 24, 2009

Bom Meledak Di Kairo



KAIRO - Sebuah bom meledak di pasar Khan el-Khalili yang menjadi tetenger Kota Kairo Minggu (22/2) malam. Seorang siswi Prancis yang sedang berwisata di ibu kota Mesir itu tewas dalam ledakan
. Sementara, belasan pelajar yang lain terluka. Kemarin (23/2), pemerintah mengklaim sudah menangkap tiga tersangka pelaku ledakan.

Ledakan itu terjadi saat pasar tersohor tersebut dipadati pengunjung. Baik turis maupun penduduk lokal. Termasuk sedikitnya 40 siswa-siswi SMA dari Leballois-Perret, Paris. Investigasi awal menyebutkan, bom yang meledak tepat di tengah-tengah kerumunan pelajar asal Prancis itu adalah rakitan. Selain seorang siswi 17 tahun yang tewas dan 19 rekannya yang terluka, sebanyak lima warga setempat juga cedera.

"Musibah itu terjadi di hari terakhir tur para pelajar tersebut. Kami benar-benar terpukul dengan kejadian ini," tandas Wali Kota Levallois-Perret Patrick Balkany, seperti dikutip Associated Press kemarin (23/2).

Melalui BBC, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy menyatakan bela sungkawanya. Sementara, Perdana Menteri (PM) Francois Fillon mengecam keras serangan yang disebutnya memalukan tersebut. "Ada beberapa orang yang sengaja ingin menggoyahkan stabilitas Mesir, salah satu negara yang moderat di kawasan tersebut," ujarnya. Dia lantas mengimbau masyarakat Prancis untuk menghindari jenis-jenis kekerasan seperti itu.

Hingga kemarin (23/2), belum ada satu kelompok pun yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun, pemerintah sudah berhasil mengamankan tiga orang yang diduga kuat terlibat dalam ledakan tersebut. Ini merupakan serangan pertama menarget turis asing selama tiga tahun terakhir. Belakangan, kebencian terhadap turis asing cenderung meningkat di Mesir

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar teman-teman buat blog belajar ini...

PageRank 100 Blog Indonesia Terbaik
Widget edited by kanigoropagelaran
top