Friday, September 11, 2009

Blogshop ala Pesta Blogger

SURABAYA - Puluhan blogger (penulis blog) kemarin berkumpul di Perpustakaan Universitas Airlangga. Mereka mengikuti acara blogshop (blogging workshops). Pesertanya bukan hanya blogger yang sudah ahli. Blogger pemula justru terlihat mendominasi.

Materi pun berawal dari teknik blogging dasar. ''Karena tak semua bisa membuatnya,'' ujar Iman Brotoseno, ketua panitia sekaligus pemateri.

Untuk itu, panitia menyediakan 30 laptop pada acara yang menjadi rangkaian Pesta Blogger 2009 tersebut.

Selain materi teknis, peserta juga diberi materi soal etika menggunakan blog. "Mereka harus mengetahui etika menggunakan blog. Sehingga, mereka bisa bertanggung jawab pada blog yang mereka buat,'' ungkap Iman.

Sesi terakhir dalam acara adalah diskusi. Para blogger pemula lebih banyak bertanya tentang cara menulis dalam blog lantas mengembangkan blog mereka. "Setiap orang kan punya pengalaman berbeda, jadi mereka bisa bertukar pengalaman tersebut," tutur alumnus Universitas Indonesia tersebut.

Menurut Iman, membuat blog sangat mudah. Syarat yang harus penuhi e-mail saja. "Kalau sudah punya e-mail ya langsung saja buat. Kalau belum punya ya membuat dulu," ungkapnya. Setelah mempunyai email, maka blogger pemula harus membuat akun blog kemudian menulis di blog tersebut. "Mudah sekali kan, itu cara yang paling singkat," jelasnya.

Iman mengatakan, melalui blog, setiap orang bisa mencurahkan apa pun yang mereka inginkan. Mulai masalah makanan, politik, budaya, atau ekonomi. "Apa saja yang mereka punya, mereka bebas menulisnya di blog," ungkap pria asal Jogjakarta itu.

Mereka juga bisa mengungkapkan kritik kepada pemerintah. Menurutnya, itu berbeda dengan yang terjadi di Singapura, Malasyia, Myanmar, dan Mesir. "Para blogger kerap ditangkap polisi karena mengkritik pemerintah. Kalau di Indonesia kan bebas asal tahu etikanya," ungkapnya.

Pemateri lain adalah Anandita Puspitasari dan Chika Nadya. Mereka adalah blogger ''senior'' yang kerap berbicara di banyak forum

6 comments:

Rihar Diana(dhana) said...

ass...wr.wb
blog yang super T.O.P he...he....wah gitu tah acarane???wes nek kanggo aku endi seng apik ngono waelah he..he...sukses buat Anda ya...thnxs eh lali arepe ngisi link kok trouble piye ta???

nada said...

udahkeren kok bang
pemandangannya keren lho

dt'Store Online said...

semangat...semangat terus.....

Inspirasi Pemuda said...

rajin cari info yah sob? atau emang wartawanya? kok tau berita-berita smacam ini terus. :)

ok lah, nice info.

Inspirasi Pemuda said...

bos, kalo bisa backgroundnya warna solid aja bro. ndak kontras sama teks. jadi susah bacanya.

:)

bayu said...

terima kasih buat semua sobat yang berkomentar...

Post a Comment

Terima kasih atas komentar teman-teman buat blog belajar ini...

PageRank 100 Blog Indonesia Terbaik
Widget edited by kanigoropagelaran
top