Thursday, May 28, 2009

Bom Mobil Ledakkan Kantor Polisi di Pakistan



LAHORE - Kubangan darah masih tak bisa lepas dari kehidupan rakyat Pakistan. Kemarin serangan dahsyat bom mobil menarget kantor polisi dan Lembaga Intelijen (ISI) yang berada di jalan utama di Lahore. Sedikitnya 40 orang tewas dan 250 lainnya luka. Tragedi itu disebut sebagai serangan paling mematikan sepanjang tahun ini


Sajjad Butta, pejabat pemerintah senior, mengatakan bahwa serangan terjadi sangat cepat. ''Beberapa orang keluar dari mobil dan langsung menembak ke arah markas ISI. Penjaga keamanan dari dalam gedung membalas serangan,'' ujarnya. ''Di tengah kontak senjata tersebut, mobil (penyerang) tiba-tiba meledak,'' terangnya.

Kantor ISI dan markas polisi rusak parah. Puluhan tentara terlihat memasuki sisa bangunan untuk membantu tim evakuasi. Sementara itu, kontak senjata masih terdengar dari dalam gedung, bahkan setelah satu jam ledakan terjadi.

Ledakan tersebut merobohkan dinding sejumlah perkantoran di distrik utama pusat bisnis di Lahore itu. Atap ruang operasi di sebuah rumah sakit dekat lokasi ledakan ambrol, melukai 20 orang. Berita televisi setempat memperlihatkan para relawan membopong para korban ke ambulans. Mereka juga berupaya membebaskan beberapa pejabat yang terperangkap di sela reruntuhan.

''Saat ledakan terjadi, semuanya menjadi gelap,'' tutur Muhammad Ali, salah seorang saksi, seperti dikutip Associated Press. ''Ledakan dan kontak senjata itu seperti perang,'' tandasnya.

Menteri Dalam Negeri Rehman Malik menduga, serangan tersebut merupakan balasan atas semakin intensifnya militer Pakistan melumpuhkan kekuatan Taliban di barat laut Lembah Swat. Kemarin (27/5) militer menargetkan bakal menyapu bersih militan dalam kurun waktu tiga hari.

Malik menuduh serangan tersebut didalangi oleh militan yang memiliki hubungan dengan Lembah Swat dan kelompok yang berbasis di perbatasan Afghanistan. ''Kelompok teroris itu sudah dikalahkan di Fata dan Swat. Sekarang mereka datang kemari (membalas dendam),'' tambahnya. Dilaporkan, dua pelaku berhasil ditangkap. Sedangkan dua lainnya diduga tewas dalam bom bunuh diri tersebut.

Lahore adalah kota terbesar kedua dan terdekat dengan perbatasan India. Serangan di wilayah tersebut kembali menambah kekhawatiran bahwa militansi di kawasan itu berkembang dengan baik karena dekat dengan perbatasan Afghanistan. Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun, dugaan mengarah kepada Taliban

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar teman-teman buat blog belajar ini...

PageRank 100 Blog Indonesia Terbaik
Widget edited by kanigoropagelaran
top