Monday, April 6, 2009

Petilasan Sunan Kalijaga



KUDUS - Petilasan Sunan Kalijaga di Desa Wonosobo, Kecamatan Undaan, Kudus, menyimpan peninggalan bersejarah. Sutodirono alias Rasimin, warga desa itu, menemukan tiga mangkuk kuno yang diduga berasal dari Tiongkok, gelang tembaga, dan miniatur rumah khas Melayu.


Benda-benda bersejarah tersebut, menurut lelaki berusia 60 tahun itu, sudah ditemukan cukup lama. Namun, benda tersebut disimpannya karena tidak tahu harus dirinya apakan. Baru kemarin (5/4) dia menyerahkannya kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus.

Kasi Rahmuskala Sancaka Dwi Supani yang mewakili Kepala Disbudpar Kudus H Abdul Hamid memperkirakan, benda-benda bersejarah tersebut berasal dari abad ke-15. Benda-benda itu diperkirakan dibawa pedagang Tiongkok yang singgah di Pantai Purwodadi, Kudus.

Pantai yang terletak di perbatasan daerah Babalan, Kecamatan Undaan, membuat daerah seperti Wonosobo menjadi tempat persinggahan para saudagar. Dari tinjauan sejarah itulah, diperkirakan benda tersebut merupakan cenderamata dan tempat sajian makanan. "Untuk memastikannya, kami akan membawanya ke Laboratorium Balai Pelestari Peninggalan Purbakala Jateng atau di Laboratorium Museum Ronggowarsito. Supaya umur benda dan asal muasalnya dapat diketahui," ujarnya.

Supani menyambut baik tindakan Sutodirono dan akan berupaya mengusulkan tali asih kepadanya. "Pak Sutodirono memberikan contoh warga yang baik. Beliau mau menyelamatkan dan memeliharanya," tambah dia.

Sutodirono mengungkapkan, sebelum diserahkan kepada disbudpar, benda itu pernah digunakannya untuk menyembuhkan warga yang sakit. Sebab, sesosok pria di mimpinya berpesan agar benda tersebut dipelihara dan digunakan untuk kebaikan. "Pak Sutodirono mengaku didatangi sesosok pria sehari setelah menemukan benda itu. Dia memintanya untuk menjaga sekaligus memberikan minyak wangi dan kembang telon setiap hari Jumat," jelas Supani

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar teman-teman buat blog belajar ini...

PageRank 100 Blog Indonesia Terbaik
Widget edited by kanigoropagelaran
top