Tuesday, December 29, 2009

Lahir 3 Januari, Gratis Nikah




PASURUAN - Bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan yang lahir di tanggal 3 Januari dan akan menikah, tak perlu pusing memikirkan biayanya. Ada layanan istimewa disiapkan. Mereka yang lahir bersamaan dengan Hari Amal Bhakti (HAB) Depag itu, tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis full.

"Perlakuan istimewa ini jarang terjadi lho. Gratis biaya nikah, bukan berarti untuk pernikahan masal. Mereka yang menikah perorangan di rumah juga bisa memanfaatkan fasilitas gratis. Asal itu tadi, tanggal lahirnya pada 3 Januari," jelas Munib Armuzah, Kasi Urais (urusan agama Islam) Depag Kabupaten Pasuruan kemarin.

Mulai kapan biaya nikah bisa digratiskan? Menurutnya sejak bulan Desember kemarin. Juga di sepanjang bulan Januari nanti. Jumlahnya juga tidak dibatasi. Jadi siapapun yang bertepatan lahirnya pada 3 Januari, otomatis tidak ditarik biaya saat nikah.

Instruksi itu sudah disebar luaskan ke seluruh kantor KUA di wilayah Kabupaten Pasuruan. Petugas pencatat nikah, diharapkan cermat memperhatikan setiap tanggal lahir para calon pengantin. Baik yang laki-laki, maupun perempuan.

Serba istimewa dalam peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-64 di Depag Kabupaten Pasuruan, itu tidak hanya untuk gratis menikah. Mereka yang akan menguruskan sertifikat tanah wakaf juga tidak perlu repot-repot merogoh kocek untuk menyiapkan biayanya.

Seksi Penyelenggara Zakat dan Wakaf Depag Kabupaten Pasuruan, juga turut menjanjikan non tarif bagi masyarakat yang akan menguruskan sertifikat tanah wakaf. "Eman-eman, kalau kesempatan emas seperti ini disia-siakan," tegasnya.

Rangkaian peringatan HAB Depag Kabupaten Pasuruan tidak hanya berhenti sampai dengan fasilitas serba gratis. Kemarin misalnya, untuk kali pertama depag menggelar acara Musbaqah Khutbah Nikah.

Mayoritas pesertanya adalah orang-orang yang sudah berumur. Sebab, mereka adalah kalangan modin, penghulu, dan juga kepala KUA se-Kabupaten Pasuruan.

Pantauan Radar Bromo dalam musabaqah tersebut menunjukkan, setiap peserta berusaha menampilkan kemampuan terbaiknya. Khutbah Nikah yang disampaikan seluruhnya dalam Bahasa Arab itu dilantunkan dengan irama, dan suara yang cukup indah. Mirip dalam gaya bacaan para qori'.

"Yang tampil di sini, sudah melewati seleksi di tingkat KUA. Jadi sudah masuk kategori penampil khutbah nikah terbaik yang akan dinilai para dewan juri," ujar salah seorang panitia musabaqah.

Bagaimana tidak serius, dan berkonsentrasi dengan bacaan khutbah nikahnya. Para peserta sudah diiming-iming dengan piala kebanggaan. Untuk juara pertama misalnya, bisa membawa piala wakil gubernur, untuk kedua berhak atas piala bupati, dan juara ketiganya mendapatkan piala Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan

4 comments:

Muchlisin said...

Selamat untuk yang dapat nikah gratis, moga jadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah

kluwan dot com said...

ha ha ha

hi hi hi
wkkkkwkkkkk....
ada-ada aja.

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
weleh kok ya ada sich???seru jadinya he..he..good luck n met tahun baru 2010 yach

Rizky2009 said...

wah mantab tuh

Post a Comment

Terima kasih atas komentar teman-teman buat blog belajar ini...

PageRank 100 Blog Indonesia Terbaik
Widget edited by kanigoropagelaran
top